Dana Optimalisasi Haji Terpakai Rp1,5 Triliun

Dana Optimalisasi Haji Terpakai Rp1,5 Triliun
Dana Optimalisasi Haji Terpakai Rp1,5 Triliun
JAKARTA--Dana optimalisasi haji yang terpakai untuk pelaksanaan haji tahun 2012 ini mencapai Rp 1,5 triliun dari jumlah total senilai Rp 1,9 triliun. Dana tersebut digunakan untuk biaya subdisi yang diberikan kepada seluruh jamaah haji tahun 2012.

"Dana optimalisasi haji itu tentunya digunakan untuk subsidi yang diberikan kepada calon jamaah haji yang berangkat di tahun ini. Salah satunya, subsidi untuk pemondokan haji," ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Slamet Riyanto saat konferensi pers  di Gedung Kemenag, Jakarta, Rabu (6/6).

Slamet mengatakan, dana optimalisasi itu tidak akan digunakan seluruhnya. Oleh karena itu, pemerintah hanya menggunakan sebanyak Rp 1,5 triliun saja, dan sisanya sebanyak Rp 400 miliar akan tetap disimpan untuk keperluan pelaksanaan haji di tahun berikutnya.

"Kenapa biaya subsidinya cukup besat, karena memang biaya di lapangan juga naik dan kita tidak ingin terlalu memberatkan para calon jamaah haji. Dana optimalisasi memang banyak, tapi kita juga tidak mau dihabiskan semuanya untuk sekarang. Kalau dihabiskan sekarang, tahun depan gimana? Kita tidak akan gegabah untuk menggunakan itu sendiri," papar Slamet.

JAKARTA--Dana optimalisasi haji yang terpakai untuk pelaksanaan haji tahun 2012 ini mencapai Rp 1,5 triliun dari jumlah total senilai Rp 1,9 triliun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News