Darmawati jadi Penghubung Abdul Hadi dengan Pengusaha

Darmawati jadi Penghubung Abdul Hadi dengan Pengusaha
Darmawati jadi Penghubung Abdul Hadi dengan Pengusaha
JAKARTA - Wanita mungkin jago lobi. Selepas Artalyta Suryani-si ratu lobi yang menjadi penghubung dalam kasus suap USD 660 ribu terhadap jaksa Urip Tri Gunawan- hal serupa terjadi pada kasus suap Rp 1 miliar yang melibatkan anggota Komisi V DPR RI Abdul Hadi Djamal. Wanita yang ikut ditangkap KPK saat menyergap Abdul Hadi Djamal yakni Darmawati,  ternyata bertugas sebagai penghubung antara anggota Dewan asal Sulawesi Selatan tersebut dengan Hontjo Kurniawan (HK).

Dari hasil penyidikan KPK, HK yang merupakan komisaris PT Kurnia Jaya Wira Bakti itu kenal dengan Djamal lewat Darmawati. Menurut Wakil Ketua KPK Chandra M Hamzah, Rabu (4/3), HK dikenalkan ke Abdul Hadi dengan tujuan untuk memuluskan proyek pembangunan bandara dan dermaga di kawasan Indonesai timur.

Maklum saja, Djamal adalah anggota panitia anggaran DPR dari  Komisi V, sehingga sedikit banyak diharapkan bisa memuluskan dan menentukan supaya perusahaan Hontjo mendapat proyek di kawasan tersebut. "HK itu kontraktor lama di Dephub. Terutama wilayah Indonesia Timur," beber Chandra.

Karenanya, penyidik KPK menduga awal perkenalan kedua tersangka dari latar belakang yang berbeda itu berujung pada suap USD 90 ribu dan Rp 54,5 juta. "Yang diduga untuk memuluskan keinginan Hontjo mendapat proyek baru bernilai Rp 100 miliar," imbuh Chandra.

JAKARTA - Wanita mungkin jago lobi. Selepas Artalyta Suryani-si ratu lobi yang menjadi penghubung dalam kasus suap USD 660 ribu terhadap jaksa Urip

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News