Data Center Dorong Pembentukan Lanskap Bisnis dan Kemajuan Teknologi

Data Center Dorong Pembentukan Lanskap Bisnis dan Kemajuan Teknologi
Data Center ikut berperan dalam perkembangan ekonomi digital di Indonesia maupun global. Foto: dok BDDC

jpnn.com, JAKARTA - Seiring bertambahnya ketergantungan bisnis dan konsumen pada teknologi digital, permintaan atas infrastruktur data yang kuat, dapat terukur, dan aman juga meningkat secara tajam. 

Direktur Business dan Commercial Bersama Digital Data Centers (BDDC) A Yudha Permana mengatakan lokasi geografis strategis Indonesia dan populasi yang terbiasa dengan teknologi membuatnya menjadi pusat ideal.

"Kita berada di pusat revolusi digital. Dengan berkembangnya ekonomi digital, kebutuhan infrastruktur data center di Jakarta dan Indonesia yang aman dan efisien jadi lebih penting daripada sebelumnya," ucap Yudha dalam keterangannya, Selasa (21/5).

Menurut dia, kehadiran data center yang canggih merupakan keuntungan bagi bisnis lokal berskala besar dan usaha kecil menengah (UKM) yang sudah berkembang.

Dengan menyediakan akses data andal dan cepat, fasilitas ini membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi operasional serta berinovasi lebih cepat.

Meskipun investasi awal untuk infrastruktur data center biasanya lebih besar ketimbang solusi cloud, manfaat jangka panjangnya bisa dirasakan perusahaan yang membutuhkan kendali penuh atas data dan operasinya. 

Selain itu, integrasi layanan cloud yang difasilitasi oleh data center lokal memungkinkan untuk meningkatkan kemampuan analitik data.

"Perubahan ini tidak hanya membantu pengambilan keputusan lebih baik, tapi juga menyamakan kedudukan bagi pelaku pasar yang lebih kecil guna bersaing dengan perusahaan yang sudah mapan," kata dia.

Data Center ikut berperan dalam perkembangan ekonomi digital di Indonesia maupun global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News