Data Kependudukan Bukan Hasil Konspirasi

Data Kependudukan Bukan Hasil Konspirasi
Data Kependudukan Bukan Hasil Konspirasi
JAKARTA - Tudingan tentang adanya konspirasi seputar kekisruhan Daftar Pemilih Tetap (DPT) banyak bermunculan. Depdagri yang penyusun data kependudukan sering dianggap sebagai awal kekisruhan DPT yang berakibat banyak warga tak bisa menggunakan hak pilih.

 

Namun menurut Dirjen Administrasi Kependudukan Depdagri, Abdul Rasyid Saleh menyatakan, tidak mungkin ada konspirasi dalam pendataan penduduk. "Tidak mungkin ada konspirasi. Ini murni soal teknis. NIK (Nomor Induk Kependudukan) itu teknis," ujar Rasyid kepada wartawan di kantornya, Kamis (7/5).

 

Rasyid memang enggan mengomentari kemungkinan konspirasi itu. Namun menurutnya, tudingan konspirasi itu sangat aneh karena pendataan penduduk ada di tingkat daerah. "Kalau memang ada konspirasi, justru yang jadi kepala daerah itu kebanyakan dari Golkar dan PDIP," tandasnya.

 

Karenanya, imbuh Rasyid, dirinya tak masuk ke ranah konspirasi itu. Alasannya, pendataan penduduk adalah ranah teknis yang sulit dimasuki konpirasi politis. Namun demikian Rasyid mengakui, dampak politik memang tak bisa dihindari. "Karena itu yang paling gampang," ucapnya.

 

JAKARTA - Tudingan tentang adanya konspirasi seputar kekisruhan Daftar Pemilih Tetap (DPT) banyak bermunculan. Depdagri yang penyusun data kependudukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News