Del Bosque Mengaku Salah

Del Bosque Mengaku Salah
Vicente del Bosque. Foto : REUTERS
MADRID - Setelah merengkuh mahkota juara Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Juli lalu, Spanyol dua kali menerima kekalahan telak. Yakni 1-4 dari Argentina September lalu, plus 0-4 dari Portugal (17/11). Keduanya memang terjadi di level uji coba, sehingga tidak terlalu merugikan. Namun, dua kekalahan itu tetap menjadi aib buat juara Eropa 2008 tersebut.

Pelatih Vicente del Bosque pun mengaku salah atas dua hasil memalukan tersebut. Menurutnya, pemain mengalami penurunan motivasi setelah merebut dua gelar prestisius dalam dua tahun. Xavi Hernandez dkk merasa sudah meraih semuanya. Itulah sebabnya mereka kalah meski menjalankan taktik dan strategi yang sama persis dengan yang diterapkan di Piala Dunia. Pemainnya pun tidak jauh berbeda.

Aktor utama yang paling bersalah atas kekalahan itu, mungkin saya sendiri," kata Del Bosque, seperti dilansir AFP. "Saya tidak mencoba melindungi pemain. Tapi faktanya, memang saya tidak bisa memompakan motivasi yang pantas bagi mereka. Mereka tidak punya alasan tepat untuk bermain," paparnya.

Dia mengakui, pemain Spanyol baru kali ini menyandang status juara dunia. Karena itu, mereka kurang bisa bersikap dan menanggung beban yang mengikuti gelar tersebut. Alih-alih menjaga citra, Xavi dkk kini cenderung memandang enteng lawan.

MADRID - Setelah merengkuh mahkota juara Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Juli lalu, Spanyol dua kali menerima kekalahan telak. Yakni 1-4 dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News