Demi Honorer K2, Gerindra Dorong Revisi UU ASN

Demi Honorer K2, Gerindra Dorong Revisi UU ASN
Massa honorer K2 saat aksi unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, pekan lalu. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Penanganan masalah pengangkatan honorer kategori dua (K2) yang terbentur pada anggaran dan payung hukum bisa diselesaikan dengan merevisi UU Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurut anggota Baleg DPR RI Bambang Riyanto, pihaknya akan mendorong ketua dan anggota Panja UU ASN untuk‎ mengajukan usulan revisi UU tersebut ke Baleg.

"Karena pemerintah diragukan keseriusannya, saya akan mendorong Panja ASN untuk mengajukan usulan revisi UU ASN ke Baleg. Setelah di Baleg, akan di‎harmonisasi hingga mendapatkan kesimpulan untuk kemudian dibawa ke rapat paripurna," kata Bambang yang juga anggota Komisi II DPR RI kepada JPNN, Rabu (17/2).

Seperti diketahui, berdasarkan ketentuan UU ASN pasal 58 ayat 3 disebutkan bahwa pengadaan PNS dilakukan melalui tahapan perencanaan, pengumuman, lowongan, pelamaran, seleksi, pengumuman hasil seleksi, masa percobaan dan pengangkatan menjadi PNS. Artinya, honorer K2 tetap harus melalui tahapan tes untuk bisa diangkat menjadi CPNS.

Bambang mengatakan, revisi UU ASN tidak akan memakan waktu lama bila seluruh‎ anggota fraksi di DPR dan pemerintah punya komitmen kuat menyelesaikan masalah honorer K2.

Setelah harmonisasi, keputusan itu akan dibawa ke paripurna untuk mendapatkan persetujuan seluruh anggota DPR RI.

"Jadi sebenarnya prosesnya bisa cepat bila semua satu visi misi. Yang pasti Partai Gerindra akan mendukung penuh penyelesaian masalah honorer K2," tegasnya. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Penanganan masalah pengangkatan honorer kategori dua (K2) yang terbentur pada anggaran dan payung hukum bisa diselesaikan dengan merevisi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News