Demo di Kemendagri Saudi, 15 Ditangkap

Demo di Kemendagri Saudi, 15 Ditangkap
Demo di Kemendagri Saudi, 15 Ditangkap
RIYADH - Kecemasan bahwa wabah perlawanan atau pemberontakan terhadap penguasa akan sampai ke Arab Saudi menjadi kenyataan. Kemarin (20/3) polisi dalam jumlah besar menghadang aksi ratusan demonstran yang berunjuk rasa di depan Kantor Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi di Riyadh.

Demonstran menuntut pembebasan ribuan tahanan yang dipenjara selama bertahun-tahun tanpa diadili. Mayoritas di antara tahanan tersebut dijerat kasus subversi (menentang pemerintah) dan terorisme.

Para saksi menyatakan, sedikitnya 15 demonstran ditangkap setelah memaksa masuk ke dalam Kantor Kemendagri. Kantor kementerian itu dikenal dengan ketatnya pengamanan oleh aparat. Associated Press menggambarkan, sekitar 2 ribu pasukan khusus dan 200 kendaraan polisi bersiaga di lokasi tersebut.

Tidak ada penjelasan dari kepolisian tentang penangkapan aktivis dalam demonstrasi tersebut. Tetapi, demontrasi kemarin merupakan kali ketiga pada bulan ini. Demonstran yang terdiri atas keluarga tahanan dan para aktivis itu menuntut keterbukaan informasi tentang mereka yang ditahan tanpa diadili dalam beberapa tahun belakangan ini.

RIYADH - Kecemasan bahwa wabah perlawanan atau pemberontakan terhadap penguasa akan sampai ke Arab Saudi menjadi kenyataan. Kemarin (20/3) polisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News