Demo Pantomim Gugat Anggaran Pendidikan

Demo Pantomim Gugat Anggaran Pendidikan
Foto : Dite Surendra/Radar Semarang/JPNN
SEMARANG - Aksi unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa IKIP PGRI Semarang Jumat (31/10) tergolong unik. Tidak ada orasi, tidak ada kata-kata. Semuanya dilakukan dengan diam. Bukan aksi bisu, namun aksi dengan gerakan pantomim.

Aksi unik itu dilakukan 1.300 pantomimers IKIP PGRI Semarang guna menggugat janji pemerintah untuk mengalokasikan 20 persen anggarannya bagi dunia pendidikan. Sebagai ajang aksi, didirikan panggung di halaman kampus. Di atas panggung itulah, mereka melakonkan 30 cerita lewat gerak tanpa kata-kata.

Selain mahasiswa, aksi tersebut juga diikuti dosen dan karyawan perguruan tinggi itu, terutama dari jurusan pendidikan bahasa Indonesia. Dikatakan Murywantobroto, sutradara aksi tersebut, dibutuhkan waktu dua bulan untuk menyiapkan aksi yang berlangsung dua jam itu.

Meski panggung tersebut menjadi tempat aksi utama, sejak dari rumah masing-masing, para peserta sudah mengenakan seragam khas pantomimers. Hitam-hitam dengan wajah di-make up putih tebal. "Di sepanjang perjalanan, mereka juga beraksi dan menjadi pusat perhatian," jelas Murywantobroto.

SEMARANG - Aksi unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa IKIP PGRI Semarang Jumat (31/10) tergolong unik. Tidak ada orasi, tidak ada kata-kata. Semuanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News