Demokrat Desak Percepat Pilkada Medan

Demokrat Desak Percepat Pilkada Medan
Demokrat Desak Percepat Pilkada Medan
JAKARTA -- Wacana pilkada Kota Medan dipercepat makin menguat. Partai Demokrat, sebagai partai pemenang pemilu 2009, juga ikut mendesak agar pemilihan walikota dan wakil walikota Medan segara dilaksanakan. Ketua DPP Partai Demokrat, Sutan Bathoegana berpendapat, percepatan pilkada Kota Medan penting agar roda pemerintahan di Pemko Medan bisa berjalan secara normal. Pelayanan kepada masyarakat Kota Medan akan terus terseok-seok dan amburadul bila kota sebesar Medan hanya dipimpin seorang Penjabat (Pjs) walikota.

"Pilkada harus dipercepat untuk memilih walikota dan walikota definitif. Tanpa kepemimpinan yang definitif, maka keputusan-keputusan strategis sulit dilakukan," ujar Sutan Bathoegana kepada JPNN di Jakarta, Kamis (23/7). Disebutkan, kalau harus menunggu jadwal normal yakni pilkada pada Mei 2010, maka itu terlalu lama dan akan berdampak buruk kepada pelayanan masyarakat Medan. Sejak Juli 2008, Kota Medan dipimpin seorang Pjs Wako dan kini sudah ada Pjs baru yang menggantikan Afifuddin Lubis.

Sutan menjelaskan, sebenarnya cukup aneh bila kota besar seperti Medan terus-terusan dipimpin seorang Pjs walikota. Padahal, sudah tentu seorang Pjs tidak berani melakukan terobosan-terobosan. "Berbeda dengan kepala daerah hasil pilkada, dia pasti cukup berani mengambil keputusan-keputusan penting dan strategis karena punya legitimasi yang sangat kuat lantaran dipilih rakyat secara langsung," jelas Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPR itu. Saat ditanya kapan idealnya percepatan pilkada dilakukan, Sutan tidak menjawab tegas. Yang penting, katanya, lebih cepat lebih baik.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mestinya mengambil inisiatif untuk melakukan percepatan pilkada. Pasalnya, sudah cukup alasan bagi dilakukannya percepatan pilkada karena sudah ada keputusan hukum incraht kepada Abdillah dan Ramli Lubis dalam kasus korupsi pengadaan mobil pemdam kebakaran dan APBD. "Karena sudah ada putusan yang berkekuatan hukum tetap, ya mereka sudah bisa diganti," ujarnya. (sam/JPNN)

JAKARTA -- Wacana pilkada Kota Medan dipercepat makin menguat. Partai Demokrat, sebagai partai pemenang pemilu 2009, juga ikut mendesak agar pemilihan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News