Dewan Gereja Sedunia Kunjungi GKI Yasmin

Dewan Gereja Sedunia Kunjungi GKI Yasmin
Dewan Gereja Sedunia Kunjungi GKI Yasmin
BOGOR--Polemik pembangunan rumah ibadah Gereja Kristen Indonesia (GKI) di Jalan KH Abdullah bin Nuh, menjadi pusat perhatian dunia. Kemarin, Moderator Pusat Dewan Gereja-gereja Sedunia (DGD), Walter Atlman mengunjungi rumah ibadah yang disegel Pemerintah Kota Bogor tersebut.

    Dalam kunjungannya, sekitar 50 personel kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bogor, berjaga di lokasi yang sebelumnya terjadi bentrok antara umat GKI dan anggota Satpol PP, yang mengakibatkan Kepala Satpol PP Bambang Budiyanto pingsan akibat bogem mentah.

    Dalam kunjungannya selama 20 menit itu, Walter Atlman menyatakan solidaritas dari seluruh gereja anggota DGD kepada jemaat GKI Taman Yasmin.

    Walter yang datang dari Brazil itu mengaku, selama ini telah menerima laporan diskriminasi yang terjadi pada GKI Yasmin. Hal tersebut seiring dengan perhatian besar lembaga-lembaga HAM (hak asasi manusia) dunia seperti Human Rights Watch, Amnesty International Uni Eropa dan Komisi Tinggi HAM PBB.

    “Solidaritas ini merupakan bagian dari komitmen tak tergoyahkan dewan gereja sedunia untuk menghormati semua keyakinan dan praktik keagamaan, terutama ibadah, dari semua agama di dunia,” ujar Walter kepada wartawan kemarin pagi.   

     Walter juga berharap, diskriminasi gereja segera berakhir tanpa menggunakan sedikit pun kekerasan dan diselesaikan dengan berlandaskan kasih dan keadilan pada semua umat manusia.

    Tak hanya itu, Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden SBY, harapnya, harus dapat menunjukkan contoh yang baik agar menjadi rujukan masyarakat dunia. “Kami harap pemerintah daerah bisa menerapkan keputusan Mahkamah Agung tersebut,” jelasnya. Sebagai umat kristiani, katanya, pihaknya juga berdoa untuk aparat keamanan, pemerintah daerah maupun pusat, agar semuanya dikuatkan dengan iman masing-masing. 

    Setelah meninjau lokasi GKI Yasmin, DGD berencana menyurati gereja-gereja lain di Indonesia untuk sekadar bertukar pendapat ataupun berbagi pengalaman. Upaya tersebut dilakukan agar kasus serupa tak kembali terjadi di lokasi lain. Namun, sebelum meninggalkan tempat, mereka melakukan doa bersama jemaat di depan GKI. (ico)

BOGOR--Polemik pembangunan rumah ibadah Gereja Kristen Indonesia (GKI) di Jalan KH Abdullah bin Nuh, menjadi pusat perhatian dunia. Kemarin, Moderator


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News