Di Depan Ridwan Kamil, Warga Condet Tegaskan Pilih Normalisasi dibanding Naturalisasi

Di Depan Ridwan Kamil, Warga Condet Tegaskan Pilih Normalisasi dibanding Naturalisasi
Ridwan Kamil saat menyapa warga, susur sungai Ciliwung di Condet, Jakarta Timur, Kamis (3/10). Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah warga mengeluh dan berkeluh kesah kepada Calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil terkait pengelolaan Sungai Ciliwung dan wilayah Condet.

Hal itu diutarakan saat Ridwan Kamil menyapa warga, susur sungai Ciliwung di Condet, Jakarta Timur, Kamis (3/10). 

Salah satu Tokoh Condet Iwan menuturkan bahwa warga sekitar lebih setuju dengan konsep naturalisasi dibandingkan normalisasi.

Konsep normalisasi dilakukan dengan pengerukan sungai untuk memperlebar dan memperdalam, pemasangan sheet pile atau batu kali untuk pengerasan dinding sungai, pembangunan sodetan, hingga pembangunan tanggul.

Sementara itu, naturalisasi yang dicanangkan Anies Baswedan merujuk pada pembangunan fisik yang menggunakan material bersifat alami dan ramah lingkungan. Proses pelaksanaannya, kata Anies, dilakukan secara "manusiawi" tanpa menggusur.

“Warga suka naturalisasi, bukan normalisasi. Mereka tidak suka kali didinding, supaya natural saja,” ucap Iwan.

Selain soal naturalisasi sungai, warga meminta agar Condet juga dibenahi. Salah satunya melestarikan Condet sebagai daerah cagar budaya.

Mereka mengaku kesal karena saat ini Condet sudah menjadi kawasan bisnis yang memiliki banyak pertokoan.

Sejumlah warga mengeluh dan berkeluh kesah kepada Calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil terkait pengelolaan Sungai Ciliwung dan wilayah Condet.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News