Di Sela Pertemuan APEC, Tony Abbott akan Tanya Putin Soal MH17

Di Sela Pertemuan APEC, Tony Abbott akan Tanya Putin Soal MH17
Di Sela Pertemuan APEC, Tony Abbott akan Tanya Putin Soal MH17

Perdana Menteri Australia Tony Abbott menyatakan tekadnya untuk mengangkat isu penembakan pesawat Malaysia Airlines MH17 dalam pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada pertemuan APEC di Beijing.

PM Abbott tiba di Beijing untuk menghadiri pertemuan APEC dan dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri China Li Kegiang dan Presiden AS Barack Obama.

Ia menyatakan, jika bertemu dengan Presiden Putin, ia akan mengangkat isu MH17 yang ditembak jatuh di timur Ukraina dan menewaskan seluruh awak dan penumpangnya, termasuk 38 warga Australia.

Pertemuan itu diperkirakan berlangsung tertutup di sela-sela forum APEC.

Menurut Abbott, ia akan menyampaikan pesan kuat dari rakyat Australia kepada Presiden Putin.

"Pembicaraan itu akan menyangkut harapan kami bahwa Rusia akan menepati kata-katanya, akan bekerja sama dalam penyelidikan yang sedang berjalan dan akan memastikan bahwa keadilan bisa ditegakkan," tutur PM Abbott.

"Itulah utang Rusia kepada keluarga korban," tambahnya.

"38 rakyat Australia terbunuh dan saya akan bicara untuk mereka, untuk negara kita, untuk kemanusiaan bahwa presiden Rusia berutang kepada kita, kepada kemanusiaan dalam memastikan keadilan bisa ditegakkan," tegas PM Abbott lagi.

Perdana Menteri Australia Tony Abbott menyatakan tekadnya untuk mengangkat isu penembakan pesawat Malaysia Airlines MH17 dalam pertemuan dengan Presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News