Dideklarasikan, Perhimpunan Informatika Kesehatan Indonesia

Dideklarasikan, Perhimpunan Informatika Kesehatan Indonesia
Dideklarasikan, Perhimpunan Informatika Kesehatan Indonesia
JAKARTA - Sebuah organisasi baru berbasis profesi kembali muncul. Perhimpunan Informatika Kesehatan Indonesia (Pikin) namanya, yang kepengurusannya untuk periode 2009-2012 baru saja dideklarasikan Jumat (21/8) siang, di auditorium Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof Dr Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara. Dalam misinya, Pikin disebutkan akan berupaya mengenalkan bidang informatika kesehatan kepada masyarakat luas, serta melakukan kajian dan penelitian untuk pengembangan informatika di dunia kesehatan.

Ketua Pikin, Dr Sardikin Giriputro SpP MARS, mengatakan bahwa informatika kesehatan merupakan disiplin ilmu yang berada di persimpangan antara bidang teknologi informasi dan komunikasi, dengan ilmu kesehatan dan kedokteran. Bidang ini lahir sebagai jawaban atas kebutuhan sejalan di lingkungan para ahli teknologi informasi dan komunikasi, serta para pakar ilmu kesehatan dan kedokteran. Dalam hal ini, tenaga profesi teknologi informasi dan komunikasi dianggap perlu memahami dasar-dasar ilmu kesehatan dan kedokteran, begitu juga sebaliknya.

"Di Indonesia, informatika kesehatan masih sangat sedikit yang mengenalnya. Untuk saat ini baru ada pusat studinya di Universitas Gunadarma. Padahal di luar negeri, perkembangan informatika kesehatan sudah sangat maju, misalkan di bidang bio-informatika dan biologi molekular, seperti terapi gen, kloning organ dan lainnya," terang Dr Sardikin seusai acara deklarasi.

Ia pun mengatakan, dalam upaya mengembangkan informatika kesehatan ini, pihaknya akan berupaya bekerjasama dengan sejumlah institusi seperti Departemen Kesehatan, Departemen Komunikasi dan Informatika, Departemen Pendidikan Nasional dan lain sebagainya. Salah satu yang hendak dijalani demi kemajuan informatika kesehatan itu, adalah upaya sinkronisasi antara UU Kesehatan dengan UU Informatika.

JAKARTA - Sebuah organisasi baru berbasis profesi kembali muncul. Perhimpunan Informatika Kesehatan Indonesia (Pikin) namanya, yang kepengurusannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News