Dikuasai Pengusaha, Golkar Bakal Kerepotan

Dikuasai Pengusaha, Golkar Bakal Kerepotan
Dikuasai Pengusaha, Golkar Bakal Kerepotan
JAKRTA -- Tidak hanya kalangan internal Golkar sendiri yang menyoroti susunan pengurus Partai Golkar periode 2009-2014. Para pengamat pun menilai, kepengurusan baru dibawah komando Aburizal Bakrie itu tidak akan mampu membawa partai warisan Orde Baru itu ke masa kejayaan. Sebaliknya, justru Golkar akan memasuki masa keterpurukan.

Pengamat politik Fachry Ali menilai, Golkar bakal kerepotan menghadapi pemilu 2014 mendatang. Alasannya, komposisi kepengurusan yang baru didominasi oleh tokoh pengusaha, bukan tokoh politik. "Yang tampil di Golkar itu adalah tokoh-tokoh nasional dalam konteks dunia usaha, bukan dalam konteks dunia politik. Mereka masih harus belajar untuk menjadi pemimpin politik," ujar Fachry Ali dalam diskusi bertema 'Golkar; Masa Lalu, Kini, dan Masa Mendatang', di Jakarta, Sabtu (10/10).

Dia meyakini, dengan komposisi yang seperti itu, maka dalam lima tahun mendatang Golkar belum akan mampu melahirkan tokoh politik yang mengena di hati masyarakat. Dampaknya, SBY tetap akan menjadi satu-satunya tokoh yang dikagumi masyarakat. Kalau pun ada, hanyalah Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Itu pun, apabila Prabowo mampu memanfaatkan setiap momen untuk memunculkan dirinya.

Dengan alasan itu, Fachry yakin Golkar tidak akan bangkit. Menurutnya, tokoh politik sangat berpengaruh sebagai faktor pengumpul suara partai. Golkar akan memasuki masa-masa sulit. "Golkar itu ibarat udul drama M Yamin berjudul 'Senjakalaning Majapahit'," kata Fachry.

JAKRTA -- Tidak hanya kalangan internal Golkar sendiri yang menyoroti susunan pengurus Partai Golkar periode 2009-2014. Para pengamat pun menilai,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News