Dinas Pendidikan Jawa Timur Mengapresiasi Program SMK Series TJSL INKA

Dinas Pendidikan Jawa Timur Mengapresiasi Program SMK Series TJSL INKA
Siswi bernama Nabila Ailen Septiana saat magang di PT INKA (Persero). Foto: Dok. PT INKA

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Aries Agung Paewai memberikan apresiasi terhadap PT INKA (Persero) yang menggelar program SMK Series.

Program pelatihan dan magang pada siswa-siswi SMK di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut menciptakan peluang bagi lulusan SMK untuk terserap di pasar tenaga kerja.

Menurut Aries, program SMK Series merupakan bagian penting dari kolaborasi antara Dinas Pendidikan Jawa Timur dengan Dunia Usaha, Dunia Industri, dan Dunia Kerja (DUDIKA).

Tujuan utamanya adalah menciptakan peluang bagi lulusan SMK untuk terserap di pasar tenaga kerja setelah mereka terlebih dahulu mendapatkan pengalaman magang.

“Pelatihan dan magang ini adalah bekal bagi para siswa untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja. Mereka sudah memiliki keahlian di bidangnya, dan magang di berbagai instansi, baik pemerintah, BUMN, maupun swasta, merupakan langkah strategis untuk mempersiapkan mereka sebelum benar-benar memasuki dunia kerja,” ujar Aries, Selasa (1/10/2024).

PT INKA (Persero) sebagai salah satu BUMN di Indonesia, yang bergerak di bidang perkeretaapian dinilai sangat tepat dalam memberikan peluang magang bagi siswa-siswi SMK, terutama mereka yang berasal dari jurusan yang sesuai dengan kebutuhan industri perkeretaapian.

Aries menambahkan dengan adanya kolaborasi ini, kualitas pendidikan SMK dapat terus meningkat karena siswa mendapatkan pengalaman langsung di industri yang relevan.

“Apalagi dengan PT INKA, yang merupakan perusahaan besar di Indonesia, ini akan memberikan dampak signifikan bagi para siswa. Pengalaman magang ini tidak hanya membantu mereka mengasah keterampilan, tetapi juga mempersiapkan mereka menghadapi tantangan dunia kerja sesungguhnya,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Aries Agung Paewai memberikan apresiasi terhadap PT INKA (Persero) yang menggelar program SMK Series.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News