Diperkirakan Hanya 11 Partai Lolos PT

Diperkirakan Hanya 11 Partai Lolos PT
Diperkirakan Hanya 11 Partai Lolos PT
JAKARTA--Pemberlakuan Parliamentary Treshold (PT) membuat DPR RI hanya akan diisi tidak lebih dari 11 partai politik saja, dan tidak kurang dari sembilan parpol. Sudah sembilan partai yang diprediksi berpeluang lolos PT. Selain tiga partai papan atas; Golkar, PDI dan Demokrat, enam partai papan tengah yang dipastikan bisa meraih suara di atas 2,5 persen adalah PKS, PPP, PAN, PKB, Gerindra dan Hanura.

Hal ini terungkap dari hasil survey PT. Lingkaran Survey Indonesia (LSI) yang dirilis 7 April, di Cafe Pisa Mahakam, Jakarta. "Memang PT ternyata menjadi seleksi yang sangat efektif," terang Denny.

Hasil pemilu 2004 lalu, berhasil menempatkan 16 partai politik di DPR. Gara-gara PT yang diberlakukan mulai pemilu 2009 mendatang, jumlahnya malah turun drastis sebanyak 40 persen. Survey yang dirilis LSI ini adalah survey paling dekat dengan hari pemilu. Survey ini melibatkan 1200 responden yang tersebar di 33 provinsi dengan metode multistage random sampling dengan margin error 2.9 persen.

Selain itu, pemilu 2009 ternyata akan menjadi kuburan massal bagi parpol yang tidak dapat melampaui PT. Meski ada satu atau dua yang berpeluang mencapai 2,5 persen, LSI memprediksi sedikitnya 29 partai politik tidak akan meloloskan wakilnya ke DPR. (ysd)

JAKARTA--Pemberlakuan Parliamentary Treshold (PT) membuat DPR RI hanya akan diisi tidak lebih dari 11 partai politik saja, dan tidak kurang dari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News