Diprediksi, Jelang 2014 Banyak Anggota DPR Terseret Korupsi

Diprediksi, Jelang 2014 Banyak Anggota DPR Terseret Korupsi
Diprediksi, Jelang 2014 Banyak Anggota DPR Terseret Korupsi
JAKARTA - Pengamat Politik dari Lembaga Survei Indonesia, Burhanudin Muchtadi, mengusulkan agar Badan Kehormatan (BK) DPR diisi oleh orang-orang setengah dewa yang bukan dari kalangan anggota DPR dan bukan pula kader partai politik.

"Ketidakberdayaan Badan Kehormatan DPR memeriksa dan memberikan sanksi terhadap sesama anggota DPR yang terbukti melanggar etika dan hukum telah jadi bagian dari masalah internal DPR yang mendesak untuk segera diperbaiki. Tindakan yang paling rasional mengatasinya adalah meletakan orang-orang di Badan Kehormatan yang bebas dari urusan partai tapi setengah dewa," kata Burhanuddin Muchtadi di gedung DPR, Senayan, Kamis (26/5).

Usulan meletakan orang-orang dari luar partai politik untuk duduk di BK DPR, lanjut Burhan, dengan sendirinya menjadi penting dan strategis seiring akan meningkatnya berbagai isu negatif yang secara langsung maupun tidak langsung bakal menyeret para anggota dewan menjelang Pemilu 2014 mendatang.

"Ledakan dugaan korupsi yang bakal menyeret anggota DPR menjelang 2014 pasti akan terjadi. KPK saya pastikan juga akan kewalahan menanganinya. Karena itu, BK DPR harus direposisi paling tidak untuk menjaga martabat internal institusi DPR, sementara kasus hukumnya diserahkan kepada KPK atau Kejaksaan," ungkapnya.

JAKARTA - Pengamat Politik dari Lembaga Survei Indonesia, Burhanudin Muchtadi, mengusulkan agar Badan Kehormatan (BK) DPR diisi oleh orang-orang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News