Dirjen Bina Pemdes Ajak Aparatur Desa jadi Lilin yang Menerangi Indonesia

Dirjen Bina Pemdes Ajak Aparatur Desa jadi Lilin yang Menerangi Indonesia
Dirjen Bina Pemdes La Ode Ahmad P Bolombo di hadapan para aparatur desa yang mendapatkan pelatihan P3PD di Sorong, Selasa (24/9). Foto: Humas Ditjen Bina Pemdes

jpnn.com - SORONG - Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) La Ode Ahmad P Bolombo mengajak aparatur desa menjadi lilin-lilin di desa-desanya, sehingga bisa menerangi Indonesia.

Dirjen Bina Pemdes La Ode Ahmad P Bolombo menyampaikan langsung ajakan itu di hadapan para aparatur desa yang mendapatkan pelatihan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) di Sorong, Selasa (24/9). Pelatihan P3PD ini melibatkan aparatur desa dari Papua Barat dan Papua Barat Daya.

"Ibarat 132 distrik, 939 kampung yang ada di Papua Barat dan Papua Barat Daya ini lilin dan ini menyala semuanya, maka bercahayalah Papua Barat Daya. Kalau semua desa bercahaya, bercahayalah negeri ini," katanya.

La Ode menjelaskan, program pembangunan dari bawah ini sesuai dengan Asta Cita dari kepemimpinan lima tahun ke depan di bawah Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Dalam transisi kepemimpinan lima tahun ke depan, di bawah Pak Prabowo dan Pak Gibran, di RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) ada Asta Cita, salah satu programnya membangun dari bawah, dari desa, dari kampung," paparnya.

Dalam kesempatan itu, dia mengharapkan aparatur desa yang terdiri dari kepala desa, pengurus kelembagaan desa, BPD, maupun PKK diharapkan mendapatkan pengetahuan tentang pemetaan potensi desa.

"Setelah pelatihan ini, aparatur desa akan membuat usulan-usulan perencanaan program pembangunan kampung yang sesuai dengan potensi desa dan lebih mendekatkan pada pelayanan masyarakat di kampung," katanya.

Direktur Fasilitasi Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Bina Pemdes Kemendagri, Lusje Anneke Tabalujan menambahkan, tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi di kampung-kampung untuk melaksanakan tugas sesuai kewenangan dan aturan yang ada.

Pelatihan program P3PD di Sorong melibatkan aparatur desa dari Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News