Dirjen Bina Pemdes: Sinergi Semua Pihak Kunci Memajukan Desa

Dirjen Bina Pemdes: Sinergi Semua Pihak Kunci Memajukan Desa
Dirjen Bina Pemdes Kemendagri La Ode Ahmad P Bolombo di acara Penutupan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa Provinsi Sumut, di Kota Medan, Sabtu (19/10/2024) malam. Foto: Humas Ditjen Bina Pemdes

jpnn.com - MEDAN - Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bina Pemdes Kemendagri) La Ode Ahmad P Bolombo menegaskan pentingnya sinergi dan kerja sama dari seluruh elemen untuk memajukan desa.

Hal ini disampaikan La Ode Ahmad saat Penutupan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa Provinsi Sumatera Utara yang berlangsung di Le Polonia Hotel, Kota Medan, Sabtu (19/10/2024) malam.

Dalam sambutannya, La Ode berharap bahwa pelatihan ini tidak hanya menjadi kesempatan belajar yang terbatas pada waktu acara, tetapi mampu menjadi pendorong agar para aparatur desa terus meningkatkan kapasitas diri dan lembaganya setelah pulang dari acara pelatihan.

“Semua aparatur desa dan kelembagaan desa harus saling bahu membahu memajukan desanya. Ilmu yang didapatkan di pelatihan ini harus bisa diterapkan di desa masing-masing,” ujarnya.

La Ode mengapresiasi Program P3PD yang didukung oleh Bank Dunia yang memungkinkan pelatihan ini dapat dilaksanakan dengan baik.

Provinsi Sumatera Utara yang memiliki 5.417 desa menjadi salah satu wilayah fokus dalam upaya peningkatan kapasitas ini.

Dikatakan, pelatihan tatap muka seperti ini adalah instrumen penting untuk memajukan desa, namun bagi daerah yang belum menerima pelatihan,

Kemendagri telah menyediakan platform pembelajaran digital melalui LMS Pamong Desa yang memungkinkan aparatur desa dapat belajar kapan saja dan di mana saja selama ada jaringan internet.

Dirjen Bina Pemdes Kemendagri La Ode Ahmad P Bolombo menegaskan pentingnya sinergi dan kerja sama dari seluruh elemen untuk memajukan desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News