Dishub Pontianak Mengoperasikan 2 Bus Gratis untuk Pelajar

Dishub Pontianak Mengoperasikan 2 Bus Gratis untuk Pelajar
Bus gratis angkutan pelajar, yang akan mulai beroperasi 14 Oktober 2024. (ANTARA/Dedi)

jpnn.com - PONTIANAK - Dinas Perhubungan Kota Pontianak, Kalimantan Barat, akan mengoperasikan bus rapid transit (BRT) gratis untuk angkutan pelajar. Dishub Kota Pontianak telah menyiapkan dua BRT gratis untuk mengangkut pelajar.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pontianak Yuli Trisna Ibrahim mengatakan bahwa dua bus tersebut berangkat dari Dishub Pontianak mulai 05.30 dan 05.35 WIB menuju rute-rute yang telah ditentukan. "Ini gratis untuk siswa, dan segera diluncurkan operasionalnya," kata  Yuli Trisna Ibrahim di Pontianak, Minggu (13/10).

Trisna menambahkan bahwa tidak menutup kemungkinan armada akan ditambah jika jumlah penumpang melebihi armada yang tersedia. “Kami akan lihat perkembangannya nanti. Jika memang jumlah siswa yang menggunakan BRT meningkat, maka akan kami tambah armadanya,” ungkapnya

Dia berharap dengan beroperasinya bus ini dapat mempermudah mobilisasi para pelajar ke sekolah-sekolah yang dilalui BRT.

Trisna menjelaskan rute yang dilalui mulai dari Dishub Kota Pontianak Jalan Alianyang - KH Wahid Hasyim - H Rais A Rahman - Hasanuddin - Kom Yos Sudarso - Jembatan Nipah Kuning - Kom Yos Sudarso - Tebu - Martadinata - Jeranding - H Rais A Rahman - Merdeka - Jendral Urip - Nurali, dan kembali ke Dishub Kota Pontianak Jalan Alianyang. “Ada beberapa sekolah yang dilalui BRT, mulai dari SD, SMP, hingga SMA/SMK," katanya.

Dia mengatakan untuk waktu operasional BRT itu untuk sementara ini hanya pada pagi hari.

"Nanti kami lihat ke depannya, kalau memang diperlukan kami operasionalkan juga pada siang hari sesuai jadwal pulang sekolah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Trisna mengimbau kepada seluruh sekolah untuk menyosialisasikan adanya angkutan bus gratis bagi pelajar, sehingga siswa tidak perlu membawa kendaraan sendiri. “Kami ingin mencegah agar siswa yang belum memiliki SIM, tidak mengendarai kendaraan bermotor ke sekolah,” kata Trisna. (antara/jpnn)

Dishub Kota Pontianak akan mengoperasikan dua bus gratis untuk angkutan pelajar.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News