Disiapkan Diorama Terbentuknya Danau Toba

Disiapkan Diorama Terbentuknya Danau Toba
Disiapkan Diorama Terbentuknya Danau Toba
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparenkraf) berencana membangun diorama mind map tentang sejarah terbentuknya Danau Toba setelah pascaletusan supervolcano (gunung berapi super) sekitar 73 hingga 75 ribu tahun lalu. Kemenparenkraf juga berencana menjadikan Danau Toba sebagai taman bumi (geopark) dunia karena merupakan situs warisan geologi (geological heritages) sekaligus situs warisan budaya (cultural heritages).

"Diorama mind map tersebut mencatat komprehensif kompleksitas terbentuknya Danau Toba. Sungguh hebat letusan saat itu, separuh bumi gelap. Diorama menceritakannya spektakuler,” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, dalam rapat kerja (raker) dengan Komite III DPD, di Gedung DPD Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/11).

Nantinya, diorama itu akan menggabungkan kata dan gambar yang menjelaskan sejarah terbentuknya Danau Toba. Manfaatnya adalah untuk meningkatkan pemahaman, imajinasi, dan kreativitas, sehingga cocok bagi komunitas keilmuan sekaligus menjadi sebagai tujuan wisata pendidikan.

“Kalau diorama menceritakannya spektakuler, akan banyak wisatawan pendidikan berkunjung ke Danau Toba, terutama peneliti, pelajar, mahasiswa,” ungkapnya.

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparenkraf) berencana membangun diorama mind map tentang sejarah terbentuknya Danau Toba

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News