Ditjen Gatrik Perkuat Sinergi Pengawasan Ketenagalistrikan Pusat dan Daerah

Ditjen Gatrik Perkuat Sinergi Pengawasan Ketenagalistrikan Pusat dan Daerah
Forum Dialog Pengawasan Bersama Inspektur Ketenagalistrikan Pusat dan Daerah seri III di Bandung, Jawa Barat. Foto: source for jpnn

jpnn.com, BANDUNG - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (Ditjen Gatrik) terus memperkuat komitmen untuk meningkatkan efektivitas pengawasan dalam bidang ketenagalistrikan.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menyinergikan peran Inspektur Ketenagalistrikan Pusat dan Daerah melalui Forum Dialog Pengawasan Bersama Inspektur Ketenagalistrikan Pusat dan Daerah seri III yang diadakan di Bandung, Jawa Barat.

Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Ida Nuryatin Finahari menjelaskan bahwa peran Inspektur Ketenagalistrikan sangat strategis dalam mengawal pelaksanaan regulasi di subsektor ketenagalistrikan.

Menurutnya, Inspektur Ketenagalistrikan bertanggung jawab dalam menjaga keselamatan ketenagalistrikan, termasuk memastikan penyediaan listrik yang aman, andal, dan ramah lingkungan.

"Pengawasan keteknikan ini menjadi bagian penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan di sektor ketenagalistrikan," ujar Ida.

Salah satu fokus utama forum ini adalah bagaimana memastikan kerja sama antara Inspektur Ketenagalistrikan Pusat dan Daerah berjalan efektif.

Ida menekankan pentingnya kolaborasi dalam pengawasan, khususnya dalam menangani situasi darurat seperti pemadaman listrik atau gangguan teknis.

“Melalui forum ini kita diskusikan bentuk pengawasan bersama yang optimal, agar pengawasan di lapangan dapat berjalan lebih baik,” tambahnya.

Ikhtiar Ditjen Gatrik perkuat sinergi pengawasan ketenagalistrikan pusat dan daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News