Dorong Transparansi, Audit Dana Kampanye Empat Kali

NasDem Siap jadi Oposisi

Dorong Transparansi, Audit Dana Kampanye Empat Kali
Dorong Transparansi, Audit Dana Kampanye Empat Kali
JAKARTA - Partai Nasional Demokrat (NasDem) sebagai partai pendatang baru terus berupaya memelopori transparansi dalam penggunaan dana kampanye. Karenanya, NasDem mengusulkan audit dana kampanye tidak hanya dilakukan satu kali saja ketika kegiatan pemilu selesai.

Ketua DPP Partai NasDem, Siti Nurbaya, mengungkapkan, sebaiknya audit dana kampanye parpol dilakukan empat kali untuk memastikan asal-usul uang sekaligus penggunaannya. “Sekarang ini audit dana kampanye hanya dilakukan satu kali yang sifatnya post-audit. Ini sangat kurang dan tidak maksimal dan akan membuka peluang gugatan-gugatan pasca-pemilu," ujar Siti dalam sebuah diskusi di Jakarta, Senin (10/6).

Mantan Sekjen Depdagri dan DPD RI itu menjelaskan, proses audit pertama bisa dilakukan saat parpol mendeklarasikan diri. "Atau minimal ketika dinyatakan lolos sebagai peserta pemilu oleh KPU," ucapnya.

Sedangkan audit kedua dilakukan menjelang kampanye besar-besaran sebelum Pemilu. "Paling tidak seminggu sebelum kampanye besar-besaran dimulai, itu ada proses audit," cetusnya.

JAKARTA - Partai Nasional Demokrat (NasDem) sebagai partai pendatang baru terus berupaya memelopori transparansi dalam penggunaan dana kampanye.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News