DPD Soroti Pertambangan Batubara di Kaltim

Kian Tak Terkendali, Timbulkan Potensi Bencana

DPD Soroti Pertambangan Batubara di Kaltim
DPD Soroti Pertambangan Batubara di Kaltim
JAKARTA - Aktivitas penambangan batubara yang tak terkendali di Kaltim terus mendapat sorotan negatif dari masyarakat. Setelah ibukota provinsi, Samarinda yang kerap digenangi banjir berhari-hari, bencana serupa diprediksi akan dirasakan daerah tetangganya, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

"Lahan produktif di Kukar juga terus terdesak pertambangan, ini diperparah dengan buruknya reboisasi," kata Ketua Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Bambang Susilo, Minggu (25/10).

Bambang yang merupakan anggota DPD dari daerah pemilihan Kaltim ini khawatir jika saat memasuki musim hujan kali ini warga Kukar akan mengalami hal serupa seperti warga Samarinda. Berhari-hari, bahkan tak jarang hingga nyaris dua pekan, warga hidup dengan banjir. Akibatnya, aktivitas perekonomian, sosial, dan pemerintahan pun tergganggu.

Khusus Samarinda, Bambang meminta pemerintah pusat untuk menyiapkan bantuan. Pasalnya, pemerintah setempat termasuk juga pemerintah provinsi Kaltim, sudah tak mampu lagi mengatasi masalah ini."Menurut saya, sudah tergolong bencana nasional yang rutin dialami penduduk Samarinda. Hampir berminggu-minggu kita terendam banjir," ungkapnya.


JAKARTA - Aktivitas penambangan batubara yang tak terkendali di Kaltim terus mendapat sorotan negatif dari masyarakat. Setelah ibukota provinsi,


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News