DPR Akui Kualitas KPK

Patut Diapresiasi Lantaran Berani Jerat Menteri

DPR Akui Kualitas KPK
DPR Akui Kualitas KPK
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR, Bambang Soesatyo menilai era kepemimpinan Abraham Samad Cs di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode ketiga ini telah membawa banyak perbaikan dalam kualitas penegakan hukum. Salah satu buktinya adalah keberanian KPK menjerat menteri aktif, yakni Andi Mallarangeng sebagai tersangka korupsi.

"Tanpa bermaksud memuji KPK, harus saya katakan era perbaikan penegakkan hukum itu diprakarsai oleh rezim kepemimpinan KPK periode sekarang. Salah satu indikasinya menetapkan seorang menteri aktif jadi tersangka kasus Hambalang," kata Bambang Soesatyo, di press room DPR, Senayan Jakarta, Jumat (21/12).

Tak hanya itu, sebut Bambang, KPK juga mendapat apresiasi masyarakat karena sebelumnya telah menetapkan dua mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi bailout Bank Century, serta menyeret sejumlah anggota DPR ke untuk diadili karena korupsi. Bahkan KPK, sebutnya, juga berani menjerat pengusaha besar yang dikenal dekat dengan penguasa.

Hanya saja sejara kuantitas, kata Bambang, jumlah kasus yang ditangani KPK memang masih sedikit. Sebab, jumlah yang ditangani belum sebanding dengan 5500 laporan dugaan kasus korupsi yang masuk ke KPK selama tahun 2012.

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR, Bambang Soesatyo menilai era kepemimpinan Abraham Samad Cs di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode ketiga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News