DPR dan DPD Sepakat Susun Tatib Bersama

DPR dan DPD Sepakat Susun Tatib Bersama
DPR dan DPD Sepakat Susun Tatib Bersama
JAKARTA  - DPR dan DPD sepakat untuk membuat tata tertib (tatib) yang mengikat kedua lembaga tinggi negara itu. Melalui Rapat Konsultasi, DPR dan DPD yang selama ini sering berbeda pandangan itu menyepakati pembuatan tatib bersama.

Ketua DPR RI, Marzuki Alie, menyatakan bahwa konstitusi sudah mengamanatkan DPR Dan DPD untuk menjalankan fungsi dan wewenangnya.  Karenanya, diperlukan tatib bersama untuk mempertegas peran masing-masing.

“Tatib bersama ini adalah sebuah langkah maju dalam menjalankan amanat konstitusi untuk lebih memberinan peran DPD. Selama baik DPR dan DPD memiliki tatib masing-masing dan ini tentunya menyulitkan bagi DPR untuk lebih memberikan peran pada DPD. Tentunya dengan tatib bersama semua kesulitan juga bisa diatasi,” ujar Marzuki dalam sidang bersama antara DPD dan DPR di rapat pimpinan DPR, Jakarta, Kamis (13/10).

 

Marzuki menambahkan, tatib bersama itu nantinya akan semakin menguatkan peran DPD dalam melakukan fungsi pengawasan, legislasi dan budgetingnya bisa lebih ditingkatkan. Karenanya Marzuki akan mendorong sosialisasi draft tatib bersama melalui fraksi-fraksi di DPR.

JAKARTA  - DPR dan DPD sepakat untuk membuat tata tertib (tatib) yang mengikat kedua lembaga tinggi negara itu. Melalui Rapat Konsultasi, DPR

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News