DPR Dukung WOC 2009

DPR Dukung WOC 2009
DPR Dukung WOC 2009
JAKARTA—Pelaksanaan World Ocean Conference (WOC) 2009 di Manado pada 11 Mei mendatang didukung penuh DPR RI. Dalam rapat kerja antara Komisi I DPR RI dengan pemerintah dalam hal ini Menteri Perikanan dan Kelautan selaku Ketua Panitia WOC Freedy Numbery, Sekretaris Kementerian Kesra Indroyono Susilo, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Sinyo H Sarundajang, dan pejabat terkait, disepakati semua fasilitas yang dibutuhkan untuk memperlancar event internasional tersebut diberikan. Antara lain transportasi, akomodasi, dan pengamanan.

“Dalam menyukseskan WOC, CTI, dan Sail Bunaken'09, komisi I meminta kapal-kapal TNI dan Pelni disediakan sebagai cadangan untuk pelaksanaan WOC. Khusus CTI, TNI diminta untuk mengamankan event tersebut,” kata Ketua Komisi I DPR RI Theo Sambuaga saat memimpin Raker dengan panitia WOC, Kamis (26/2).

Menurut Theo, event internasional ini merupakan momentum kebangkitan Indonesia sebagai negara bahari. Hanya saja harus dibalancing dengan agriculturenya.“Untuk menuju ke sana, pemerintah harus serius menangani ini, jangan sampai saat eventnya tiba justru kelabakan,” tukasnya sembari meminta agar pemerintah pusat menyediakan anggaran untuk memperlancar kegiatan tersebut.

Sementara itu Sarundajang menyatakan, Sulut siap menjadi tuan rumah WOC. Berbagai fasilitas seperti apron bandara, hotel, dan infrastruktur sudah tersedia. Hanya saja, Sarundajang meminta agar pemerintah menambah flight penerbangan ke Manado.“Manado hanya dilayani oleh enam sampai tujuh penerbangan per hari. Karena itu kami meminta komisi I DPR RI untuk menyampaikan pada Departemen Perhubungan untuk menambah flight ke Manado,” ujarnya. (esy/jpnn)

JAKARTA—Pelaksanaan World Ocean Conference (WOC) 2009 di Manado pada 11 Mei mendatang didukung penuh DPR RI. Dalam rapat kerja antara Komisi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News