DPR Prioritaskan 17 Usulan DOB

DPR Prioritaskan 17 Usulan DOB
DPR Prioritaskan 17 Usulan DOB
JAKARTA - Panitia Kerja (Panja) Otonomi Daerah pada Komisi II DPR kini fokus terhadap pembahasan pemekaran. Dari 70 usulan Daerah Otonom Baru (DOB) yang diterima Komisi II, Panja hanya memprioritaskan 17 daerah yang lebih dulu diusulkan.

Wakil Ketua Komisi II, Ganjar Pranowo menjelaskan penentuan nama daerah yang akan lebih dulu diusulkan memang masih perdebatan. Apalagi sampai muncul pendapat enam daerah yang didahulukan untuk dikirim ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Enam daerah yang bakal diusulkan ini diambil dari 17 calon daerah pemekaran yang sudah lengkap baik dari sisi administrasi, fisik, maupun syarat teknis berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2007 tentang Tata Cara Pembentukan, Penghapusan, dan Penggabungan Daerah. Keenam induk DOB ini juga sudah melakukan rapat dengar pendapat di Komisi II. 

"Kita merencanakan enam dulu. Kemudian ada ekspektasi yang berbeda-beda dari kawan-kawan. Pertama, ada juga yang ingin 17 daerah yang sudah lengkap berkasnya akan dikirim," kata Ganjar usai menerima aspirasi Presidium Pembentukan Kabupaten Pangandaran di Senayan, Jakarta, Senin (24/10).

JAKARTA - Panitia Kerja (Panja) Otonomi Daerah pada Komisi II DPR kini fokus terhadap pembahasan pemekaran. Dari 70 usulan Daerah Otonom Baru (DOB)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News