Drama Sejarah Anas-SBY

Drama Sejarah Anas-SBY
Drama Sejarah Anas-SBY
SUATU hari di tahun 1998, pertemuan di Jakarta Convention Center (JCC) sempat jadi berita gaduh di televisi nasional. Bukan soal demonstrasi besar-besaran yang lazim terjadi di masa reformasi. Bahkan kejadiannya sebelum gerakan demonstrasi besar-besaran mahasiswa (baca: gerakan reformasi 98). Waktu itu ABRI terbelah dua, ABRI Hijau dan ABRI Merah-Putih.

------------

UJANG YUSUP MAULANA-Mantan Pengurus PMII Cabang Ciputat, Redaktur Radar Tasikmalaya

-----------

Ini cerita tentang seorang jenderal yang “dikerjai” oleh segelintir mahasiswa. Kalau saya tak salah ingat, Kepala Sosial Politik (Kasospol) ABRI Letnan Jenderal TNI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) waktu itu ditugaskan menjadi pemimpin tim dialog dari ABRI bertemu dengan mahasiswa membahas pemerintahan Soeharto.

Langkah tersebut, oleh kalangan mahasiswa dinilai sebagai upaya untuk mencari jalan keluar atau bargaining politik untuk menyelamatkan pemerintahan Soeharto. Padahal mahasiswa memandang suksesi kepemimpinan nasional dari tangan Soeharto sudah saatnya dilakukan.

SUATU hari di tahun 1998, pertemuan di Jakarta Convention Center (JCC) sempat jadi berita gaduh di televisi nasional. Bukan soal demonstrasi besar-besaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News