Dunia Hari Ini: Julian Assange Resmi Bebas, Akan Kembali ke Australia

Dunia Hari Ini: Julian Assange Resmi Bebas, Akan Kembali ke Australia
Pengumuman Julian Assange yang dibebaskan mendapat sambutan, terutama di Australia, negara asalnya. ()

Anda sedang membaca rangkuman berita-berita pilihan dari sejumlah negara dalam 24 jam terakhir.Dunia Hari Ini, edisi Rabu, 25 Juni 2024, kita awali dengan perkembangan pembebasan Julian Assange

Julian Assange bebas

Julian Assange resmi bebas, setelah hakim Amerika Serikat di Saipan memvonisnya dengan hukuman penjara yang sudahdijalaninya.

Pendiri WikiLeaks tersebut mengaku bersalah atas satu tuduhan konspirasi, terkait dengan publikasi dokumen rahasia Amerika Serikat pada tahun 2010.

Julian, 52 tahun, sudah menjalani hukuman lima tahun di penjara Inggris sebelum kesepakatan pembelaan dicapai.

Sekarang ia terbang pulang ke Canberra untuk bertemu istri dan dua anaknya.

Kerusuhan di Nairobi

Setidaknya ada lima jasad pengunjuk rasa yang ditemukan di luar gedung parlemen Kenya, menurut kantor berita Reuters, sementara paramedis Vivian Achista mengatakan kepada kantor berita tersebut setidaknya 10 orang tewas dalam kekerasan tersebut.

Para pengunjuk rasa menentang kenaikan pajak di Kenya karena semakin mahalnya biaya hidup, kebanyakan juga menyerukan agar Presiden William Ruto mundur.

"Kami ingin menutup parlemen dan setiap anggota parlemen harus mundur dan mengundurkan diri," kata salah satu pengunjuk rasa, Davis Tafari, yang mencoba memasuki parlemen, kepada Reuters.

Dunia Hari Ini, edisi Rabu, 25 Juni 2024, kita awali dengan perkembangan pembebasan Julian Assange

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News