Dunia Hari Ini: Ledakan Massal 3.000 Penyeranta Hizbullah Tewaskan Sembilan Jiwa di Lebanon

Dunia Hari Ini: Ledakan Massal 3.000 Penyeranta Hizbullah Tewaskan Sembilan Jiwa di Lebanon
Lebanon pada Selasa (17/9/2024) mengumumkan penutupan semua sekolah dan institusi pendidikan di seluruh negara tersebut pada Rabu (18/9/2024), menyusul ledakan alat penyeranta (pager) yang menewaskan setidaknya 9 orang dan melukai ribuan lainnya di negara tersebut. Foto: ANTARA/Anadolu/py

Anda kembali menyimak laporan Dunia Hari Ini edisi Rabu, 18 September 2024.

Berita utama kami hadirkan dari Lebanon.

Ledakan massal penyeranta menewaskan sembilan orang 

Setidaknya sembilan orang tewas dan sekitar 2.800 lainnya terluka setelah setidaknya 3.000 perangkat penyeranta yang digunakan oleh kelompok militan Hizbullah meledak secara massal di Lebanon.

Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan salah satu korbannya adalah seorang gadis berusia delapan tahun.

Sumber keamanan senior Lebanon mengatakan perangkat tersebut telah dimodifikasi oleh dinas mata-mata Israel "pada tingkat produksi".

"Mossad menyuntikkan papan ke dalam perangkat yang berisi bahan peledak yang menerima kode. Sangat sulit untuk mendeteksinya dengan cara apa pun. Bahkan dengan perangkat atau pemindai apa pun," kata sumber tersebut.

Pendiri perusahaan penyeranta Gold Apollo, Hsu Ching-Kuang, mengatakan kepada wartawan bahwa perusahaan yang berbasis di Taiwan itu bukan pembuat perangkat yang digunakan dalam ledakan di Lebanon.

Ching-Kuang mengatakan bahwa penyeranta tersebut dibuat oleh sebuah perusahaan di Eropa, BAC, yang memiliki hak untuk menggunakan merek perusahaan Taiwan itu.

Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan salah satu korban dari ledakan ini adalah seorang gadis berusia delapan tahun

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News