Eep: Golkar Butuh Ikon Baru

Eep: Golkar Butuh Ikon Baru
Eep: Golkar Butuh Ikon Baru
JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Eep Syaefulah Fatah, menegaskan bahwa Partai Golkar ke depan memerlukan ikon baru demi kelangsungan hidup dan menjaga eksistensinya dalam perpolitikan di Indonesia. "Ikon itu penting bagi Golkar, guna membangun karakter dan roh yang mampu membangkitkannya dari titik yang paling krusial dewasa ini," kata Eep saat dihubungi JPNN di Jakarta, Senin (7/9).

Ikon baru itu, lanjut Eep pula, sangat diperlukan Golkar untuk membedakan partai ini dari partai-partai lain. Kekalahan dalam Pemilu Legislatif dan Pilpres 2009, menurutnya merupakan sebuah tragedi paling krusial dalam sejarah Golkar. Sebabnya, belum pernah dalam sejarahnya Golkar kalah dengan penurunan perolehan suara paling rendah sejak zaman Soeharto.

Menurut Eep lagi, Golkar harus membangun posisi tawar baru, yang tidak semata persoalan apakah akan menjadi oposisi atau bukan, tetapi lebih kepada cara Golkar memandang kekuasaan. Golkar harus menjadi tempat rakyat mengadu. "Inilah salah satu posisi tawar yang harus diperankan Golkar ke depan," kata Eep.

Selain membangun cara baru dalam memandang kekuasaan, Golkar juga disarankan menjadi partai yang tak memiliki beban balas budi, baik secara internal maupun eksternal. Pasalnya, beban budi internal menyebabkan Golkar akan mengutamakan orang-orang tua dan dijauhi orang muda. Sementara, beban budi eksternal, termasuk kepada kekuasaan, menurut Eep menyebabkan Golkar disandera untuk selalu mengikuti kehendak penguasa yang tak selamanya sejalan dengan kehendak rakyat.

JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Eep Syaefulah Fatah, menegaskan bahwa Partai Golkar ke depan memerlukan ikon baru demi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News