Ekonom Sebut Baru Kali Ini Indonesia Deflasi Berkepanjangan, Jangan Diremehkan

Ekonom Sebut Baru Kali Ini Indonesia Deflasi Berkepanjangan, Jangan Diremehkan
Ekonom Universitas Diponegoro Semarang Prof FX Sugiyanto mengatakan deflasi berbulan-bulan itu baru memang baru pertama kalinya dialami. Foto/Ilustrasi: Rircardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom Universitas Diponegoro Semarang Prof FX Sugiyanto mengatakan deflasi berkepanjangan yang dialami Indonesia merupakan dampak dari penurunan daya beli masyarakat.

"Dalam perspektif historis, deflasi berbulan-bulan itu baru memang baru pertama kalinya dialami," katanya, di Semarang, Senin (8/10).

Menurut dia, deflasi yang terjadi berdampak baik bagi masyarakat karena mereka bisa berbelanja dengan harga yang relatif murah dan terjangkau.

Namun, jika deflasi terjadi terlalu lama bisa menjadi indikasi kuat bahwa masyarakat menahan untuk mengeluarkan uang atau daya beli masyarakat memang turun.

"Kalau (deflasi, red) terlalu lama bisa jadi indikasi kuat ini orang menahan duit mereka untuk belanja atau tidak punya duit. Nah, dua kemungkinan ini bisa terjadi. Ini saya didukung dengan data," katanya.

FX Sugiyanto menjelaskan jika dilihat dari kelompok penghasilan, 20 persen kelompok penghasilan tertinggi, 40 persen menengah, dan 40 persen dengan penghasilan terbawah atau termiskin.

"Nah, yang (berpenghasilan) tengah ini yang mulai berkurang daya beli, dan ini berisiko. Kedua, orang kemudian lebih baik menahan (belanja, red) karena khawatir kalau tidak ada perbaikan (pendapatan)," katanya.

FX Sugiyanto menyebut penurunan daya beli masyarakat kelas menengah diakibatkan banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh perusahaan yang menyebabkan angka pengangguran makin tinggi.

Ekonom Universitas Diponegoro Semarang Prof FX Sugiyanto mengatakan deflasi berbulan-bulan itu baru memang baru pertama kalinya dialami

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News