Ekonomi Dinilai Salah Kelola

Ekonomi Dinilai Salah Kelola
Ekonomi Dinilai Salah Kelola
JAKARTA- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman menegaskan Indonesia memiliki potensi ekonomi yang baik tapi pengelolaannya tidak tepat. "Kita memang memiliki potensi ekonomi yang baik namun sering kali pengelolaannya tidak tepat sehingga belum memberikan maksimal bagi kesejahteraan rakyat," kata Irman Gusman, dalam acara pembukaan Executive Brief Pimpinan MPR dan Pimpinan DPD dengan para pakar ekonomi, di gedung Nusantara III, Senayan Jakarta, Senin (8/3).

Irman mencontohkan antara lain soal Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan BUM Daerah (BUMD). Menurut Ketua DPD asal Sumbar, sebagai salah satu instrumen penting dalam perekonomian itu BUMN dan BUMD pengelolaan perpajakannya sangat lemah sehingga tidak menopang optimalisasi potensi ekonomi daerah maupun pusat.

Kondisi tersebut lanjutnya, diperparah dengan beberapa kendala yang menghambat pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, seperti permasalahan sumber daya manusia yang secara relatif belum memadai, kurangnya pembangunan infrastrukur seperti jalan, pelabuhan, sarana pertanian, transportasi, listrik serta penyediaan air bersih.

"Terakhir soal lemahnya pengawasan dan penindakan atas penyimpangan penggunaan anggaran negara," tegas Irman Gusman.

JAKARTA- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman menegaskan Indonesia memiliki potensi ekonomi yang baik tapi pengelolaannya tidak tepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News