Ekonomi Indonesia Paling Cemerlang

ADB : Asia Melemah, Asean Stabil

Ekonomi Indonesia Paling Cemerlang
Ekonomi Indonesia Paling Cemerlang
JAKARTA - Resesi di Amerika Serikat (AS) dan Eropa membuat Asia kini tampil sebagai motor pertumbuhan ekonomi dunia. Namun, keperkasaan Asia ini diperkirakan akan sedikit meredup.

Ekonom Senior Asian Development Bank (ADB) Edimon Ginting mengatakan, April lalu, ADB memproyeksi perekonomian Asia bakal tumbuh 6,9 persen, namun kini dikoreksi menjadi 6,1 persen. "Hampir semua regional mengalami perlambatan ekonomi, hanya Asean (Asia Tenggara) yang stabil," ujarnya saat paparan Asian Development Outlook Update 2012 di Jakarta Rabu (3/10).

Data ADB menunjukkan, proyeksi pertumbuhan ekonomi di mayoritas regional Asia pada 2012 memang mengalami koreksi ke bawah. Misalnya, regional Asia Tengah turun dari 6,1 persen menjadi 5,7 persen, Asia Timur turun dari 7,4 persen menjadi 6,5 persen, dan Asia Selatan turun dari 6,6 persen menjadi 5,5 persen. Adapun Asean stabil di angka 5,2 persen dan regional Pasifik stabil 6,0 persen.

"Tapi, size ekonomi Pasifik ini kecil. Jadi, Asean lah yang menjadi kawasan paling prospektif," katanya.

JAKARTA - Resesi di Amerika Serikat (AS) dan Eropa membuat Asia kini tampil sebagai motor pertumbuhan ekonomi dunia. Namun, keperkasaan Asia ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News