Ekspor China Kembali Pulih

Ekspor China Kembali Pulih
Ekspor China Kembali Pulih

jpnn.com - BEIJING--Ekspor China mengalami kenaikan lebih dari yang diperkirakan pada Agustus lalu. Hal ini kembali memberikan harapan bahwa negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia mungkin akan pulih dari kemerosotan baru-baru ini.

Pengiriman ekspor naik 7,2 persen selama satu bulan, dari periode yang sama tahun sebelumnya. Sebagian besar analis sebelumnya memperkirakan angka hanya sekitar 5,5 persen.

Menurut laman BBC (9/9), angka-angka ini dipublikasikan hanya beberapa hari setelah data menunjukkan bahwa aktivitas manufaktur di China mencapai tertinggi selama 16 bulan pada bulan terakhir Agustus lalu.

Ekspor dan sektor manufaktur merupakan pendorong utama perekonomian China yang telah terlihat melambat beberapa bulan belakangan ini.

Para analis mengatakan data terbaru menunjukkan pertumbuhan mulai terasa. "Perdagangan bulan Agustus China ditopang tren terlihat sejak Juli, sejalan dengan percepatan momentum pertumbuhan dan meningkatnya sentimen pasar," kata Liu Li-Gang dan Zhou Hao, ekonom di ANZ.

Pada awal bulan ini dilaporkan bahwa industri manufaktur China dan Korea Selatan kembali menguat setelah sebelumnya sempat lesu. (esy/jpnn)


BEIJING--Ekspor China mengalami kenaikan lebih dari yang diperkirakan pada Agustus lalu. Hal ini kembali memberikan harapan bahwa negara dengan ekonomi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News