Elektabilias Jokowi dan Prabowo Tinggi Karena Ketidakpuasan Atas SBY

Elektabilias Jokowi dan Prabowo Tinggi Karena Ketidakpuasan Atas SBY
Elektabilias Jokowi dan Prabowo Tinggi Karena Ketidakpuasan Atas SBY

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya mengatakan, saat ini masyarakat mengidamkan sosok pemimpin yang merupakan antitesa dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kesimpulan tersebut dibuat Yunarto berdasarkan hasil survei terbaru yang dilakukan oleh lembaganya.

Menurut survei Charta Politika, Prabowo dianggap sebagai antitesa SBY yang bersikap mencla-mencle. Mantan Danjen Kopassus TNI itu dianggap sosok yang tegas dan berani.

Jokowi juga dianggap sebagai antitesa SBY karena sosoknya yang sederhana dan suka blusukan menemui masyarakat.

"Orang melihat Jokowi adalah antitesa berbeda dari kacamata lain. Jadi keduanya dipandang sebagai antitesa SBY," kata Yunarto ketika mempresentasikan hasil surveinya di Jakarta, Selasa (8/7).

Yunarto menambahkan, Jokowi dan Prabowo sama-sama memiliki elektabilitas tinggi ketika kepuasan publik terhadap SBY rendah. Meski begitu, survei Charta Politica menempatkan elektabilitas Jokowi di atas Prabowo.

"Keduanya memiliki elektabilitas tinggi ketika kepuasan publik terhadap SBY rendah," papar Yunarto.

Berdasarkan survei Charta Politika pada tanggal 3-6 Juli 2014, pasangan Jokowi-JK  dipilih oleh 49,2 persen responden. Sedangkan Prabowo-Hatta dipilih oleh 45,1 persen responden. Sementara sisanya 5,7 persen responden belum menentukan pilihan. (dil/jpnn)

JAKARTA - Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya mengatakan, saat ini masyarakat mengidamkan sosok pemimpin yang merupakan antitesa dari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News