Elektabilitas Elly Lasut-Hanny Joost Sulit Dikejar Pasangan Lain di Pilgub Sulut 2024

Elektabilitas Elly Lasut-Hanny Joost Sulit Dikejar Pasangan Lain di Pilgub Sulut 2024
Pasangan Elly Engelbert Lasut-Hanny Joost Pajouw yang maju di Pilkada Sulut 2024. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Pasangan Elly Engelbert Lasut-Hanny Joost Pajouw mendominasi elektabilitas Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara (Sulut) 2024.

Saking kuatnya elektabilitas mereka, pasangan lainnya yang berada di posisi dua suara terbanyak, selisihnya hampir 20 persen dan sulit untuk dikejar.

Angka itu berdasarkan survei LSI Denny JA pada September 2024. Dalam survei ini, Elly Lasut-Hanny Joost memperoleh dukungan sebesar 53,3 kemudian pasangan Steven Kandouw-Alfred Denny Tuejeh sebesar 34,5 persen, dan disusul pasangan Yulius Stevanus Komaling-Johannes Victor Mailangkay sebesar 4,3 persen.

"Kuatnya pesona Elly Lasut sebagai cagub adalah cagub paling populer dan paling disukai diantara dua cagub lainnya," kata peneliti LSI Denny JA, Fajar Moestar, Kamis (19/9).

Fajar menjelaskan kuatnya elektabilitas Elly Lasut-Hanny Joost juga dikarenakan pemilih dari partai selain Demokrat.

Dukungan dari partai Gerindra, Golkar, Nasdem juga membuat elektabilitas Elly Lasut-Hanny Joost selalu di peringkat teratas.

"Padahal Gerindra, Golkar, dan Nasdem bukan partai pendukungnya. Sementara Steven Kandouw-Alfred Denny Tuejeh tetap unggul di pemilih PDIP," ujar Fajar.

Pada Pilgub tahun ini, Elly Lasut-Hanny Joost merupakan simbol harapan baru bagi Sulut. Kepemimpinan mereka diharapkan dapat membawa arah baru dalam pembangunan dan ekonomi yang jauh lebih baik.

Elektabilitas dari pasangan Elly Lasut dan Hanny Joost susah dikejar para pesaing pada Pilkada Sulut 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News