Elektabilitas Willem Wandik-Aloysius Giyai Moncer di Survei Pilgub Papua Tengah

Elektabilitas Willem Wandik-Aloysius Giyai Moncer di Survei Pilgub Papua Tengah
Willem Wandik. Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Panel Survei Indonesia (PSI) Dominico Bagas mengatakan pasangan Willem Wandik dan Aloysius Giyai menunjukkan keunggulan signifikan dengan elektabilitas mencapai 64,1 persen, untuk Pilgub Papua Tengah.

Hasil survei menunjukkan bahwa pilihan masyarakat di Kabupaten Mimika dan Nabire terhadap pasangan Willem Wandik dan Aloysius Giyai berada di urutan pertama dengan persentase 64,1 persen. Di posisi kedua terdapat pasangan Natalis Tabuni dan Titus Natkime dengan 12,9 persen.

"Mereka unggul jauh dari tiga pasangan calon lainnya dalam berbagai simulasi pemilihan, baik yang menggunakan sistem noken maupun non-noken," kata dia dalam keterangannya, Selasa (22/10).

Bagas menuturkan, untuk pasangan Meki Nawipa-Denas Geley dengan 9,1 persen, serta pasangan John Wempi Wetipo-Ausilius Youw di posisi terakhir dengan 5,8 persen.

Menurut Bagas, surveinya ini dilakukan di enam kabupaten yakni Puncak Jaya, Intan Jaya, Deyai, Dogiyai, Puncak, dan Paniai di provinsi Papua Tengah. Simulasi pelaksanaan survei ini dengan sistem noken 'big man' dan noken gantung.

Bagas mengatakan di enam Kabupaten memilih pasangan Willem Wandik -Aloysius Giyai dengan 67,9 persen. Disusul Natalis Tabuni-Titus Natkime dengan elektabilitas 10,3 perseb kemudian Meki Nawipa-Denas Geley dengan 5,9 persen, dan John Wempi Wetipo-Ausilius Youw dengan elektabilitas 3,4 persen.

"12,5 persen ketua atau pemimpin suku di enam Kabupaten yang mengunakan sistim noken di Papua Tengah masih merahasiakan pilihannya," kata Bagas.

Dalam survei ini, responden juga diukur mengenai tingkat kepercayaan masyarakat atau public trust terhadap keempat pasangan calon. Hasilnya menunjukkan tingginya kepercayaan masyarakat Papua Tengah terhadap kepemimpinan pasangan Willem Wandik dan Aloysius Giyai, yang meraih skor 92,9 persen.

Pasangan Willem Wandik dan Aloysius Giyai menunjukkan keunggulan signifikan dengan elektabilitas mencapai 64,1 persen, untuk Pilgub Papua Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News