Emak-emak Senang Program GRATISPOL, Rudy-Seno: Bisa Hemat Rp 1 Juta Per Bulan

Emak-emak Senang Program GRATISPOL, Rudy-Seno: Bisa Hemat Rp 1 Juta Per Bulan
Banyak keluarga di Kalimantan Timur (Kaltim) antusias dengan janji program GRATISPOL yang digagas Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim Rudy Mas'ud dan Seno Aji. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Banyak keluarga di Kalimantan Timur (Kaltim) antusias dengan janji program GRATISPOL yang digagas Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim Rudy Mas'ud dan Seno Aji.

Salah satu yang menjadi fokus utama program ini adalah pendidikan gratis dari SMA hingga jenjang doktoral (S3) bagi seluruh warga Kalimantan Timur.

Nani, salah seorang ibu asal Samarinda menilai program tersebut bisa membawa angin segar untuk masa depan anak-anaknya yang saat ini duduk di bangku kuliah.

Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Kaltim mencapai Rp 5 juta per Semester atau Rp 10 juta setahun. Jika hal itu ditanggung pemerintah, Nani bisa mengalokasikan keuangannya untuk kebutuhan yang lain.

“Bisa hemat Rp 1 juta per bulan per anak tentu sangat besar bagi keluarga seperti kami, dan kami bisa menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan lain, seperti tabungan, kesehatan, atau bahkan usaha kecil,” kata ibu dua anak tersebut, Rabu (16/10/2024).

Program GRATISPOL ini akan menanggung seluruh biaya kuliah bagi warga Kaltim yang menempuh pendidikan mulai dari SMA hingga jenjang doktoral (S3).

Dengan asumsi rata-rata UKT sebesar Rp 5 juta rupiah per semester, beban keuangan keluarga akan berkurang signifikan, terutama bagi mereka yang memiliki lebih dari satu anak di bangku kuliah.

Program ini dirancang untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kaltim, terutama di tengah persiapan provinsi ini sebagai tuan rumah Ibu Kota Nusantara (IKN).

Banyak keluarga di Kaltim antusias dengan janji program GRATISPOL yang digagas Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim Rudy Mas'ud dan Seno.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News