Erma PKB Dorong Pihak Kampus Mendampingi UMKM Mencetak Entrepreneur Andal

Erma PKB Dorong Pihak Kampus Mendampingi UMKM Mencetak Entrepreneur Andal
Simposium Navigasi Strategis Peningkatan Kapasitas UMKM dan Entrepreneurship di Era Digital. Foto: source for JPNN

jpnn.com - PURWOKERTO - Anggota Komisi VI FPKB DPR RI Siti Mukaromah menilai pihak kampus berpeluang menjadi inkubator kewirausahaan sehingga bisa mencetak entrepreneur andal.

"Kultur kampus sangat tepat dalam melahirkan entrepreneur andal yang mampu menjadikan teknologi sebagai kendaraan dalam memelesatkan produknya. Tidak sedikit start up yang digawangi oleh anak-anak muda," ujar Erma, panggilan Siti Mukaromah, di sela Simposium Nasional UMKM “Navigasi Strategis Peningkatan Kapasitas UMKM dan Entrepreneurship di Era Digital.

"Di sisi lain, kampus juga dapat memberikan pendampingan dan berkolaborasi dengan UMKM. Mahasiswa dapat melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan pendampingan tersebut,” imbuhnya.

Pada simposium itu ditemukan kesimpulan bahwa kalangan universitas dapat mencetak entrepreneur aandal, serta berkolaborasi dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) baik memberikan pendampingan maupun bekerja sama dalam produksi maupun distribusi

Erma yang juga alumnus Universitas Islam Negeri Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU) Purwokerto ini juga menceritakan pengalamannya semasa kuliah yang sambil berjualan makanan.

Dia pun menilai, dengan digitalisasi yang saat ini sudah sangat canggih hal seperti itu bisa dilakukan mahasiswa meskipun masih aktif berkuliah.

“Kurikulum juga harus menunjang jiwa entrepreneurship,” ujarnya.

Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Produktivitas dan Daya Saing, Herbert Siagian menambahkan, bahwa Indonesia pada 2045 diprediksi berbagai lembaga dunia akan menjadi negara maju.

Pihak kampus berpeluang menjadi inkubator kewirausahaan sehingga bisa mencetak entrepreneur andal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News