Es Mencair, Rusia Ungsikan Stasiun Penelitiannya

Es Mencair, Rusia Ungsikan Stasiun Penelitiannya
Es Mencair, Rusia Ungsikan Stasiun Penelitiannya
MOSCOW--Rusia terpaksa memindahkan stasiun penelitian ilmiahnya di Arktik karena medan es di sekitarnya mencair akibat pemanasan global. Kementerian Lingkungan Rusia Sergei Donskoy, memerintahkan para petugas di fasilitas tersebut segera meninggalkan pangkalan dalam tiga hari.

"Rencana evakuasi yang akan dibuat dalam waktu tiga hari untuk North Pole 40 dan 16 orang stafnya," katanya kepada BBC, Kamis (23/5).

Rusia mengirimkan kapal pemecah es bertenaga nuklir untuk membantu memindahkan stasiun yang terletak dekat zona ekonomi Kanada. Melelehnya es di sekitar pangkalan Rusia mengancam keselamatan 16 peneliti di tempat tersebut.

Pangkalan penelitian North Pole 40, yang tadinya berada di atas bongkahan es raksasa, mulai dioperasikan pada awal Oktober 2012. Di stasiun ini para petugas melakukan penelitian ilmiah di berbagai bidang seperti kajian kelautan.

MOSCOW--Rusia terpaksa memindahkan stasiun penelitian ilmiahnya di Arktik karena medan es di sekitarnya mencair akibat pemanasan global. Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News