F-MaKI Laporkan Korupsi Alkes di Sigi ke KPK

F-MaKI Laporkan Korupsi Alkes di Sigi ke KPK
F-MaKI Laporkan Korupsi Alkes di Sigi ke KPK
JAKARTA - Belasan massa yang menamakan diri Front Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (F-MaKI), menggelar demonstrasi di depan Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jalan Rasuna Said, Jakarta. Selain menggelar aksi, mereka juga melaporkan dugaan tindak pidana korupsi dalam pengadaan alat kedokteran, kesehatan dan Keluarga Berencana (KB) (Base line), di Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah yang didanai APBN tahun 2012.

Pihak-pihak yang dilaporkan F-MaKI di antaranya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, Dr Sofian, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek Slamet Suryanto serta Riri Eka Saputra, Theo Kurniawan, Abd Gafar, Aburrahim dan Erwan selaku panitia pengadaan barang dan jasa alat kedokteran, kesehatan dan KB tersebut.

Ketua F-MaKI, Syaefudin menjelaskan lelang proyek itu dimenangkan oleh CV Winam Putra Abadi, yang beralamat di Jl KH Mansur, Palu, Sulteng. Diduga dalam proses lelang ini negara dirugikan Rp2 miliar akibat markup karena kualitas barang tidak sesuai spek dan anggaran totalnya sebesar Rp5 miliar.

"Karena menurut informasi yang kita dapat, dengan harga Rp2.798.532.000 saja, sudah bisa diperoleh barang dengan kualitas dan kuantitas yang sama. Sementara anggarannya Rp5 miliar," jelas Syaefudin, Jumat (10/8).

JAKARTA - Belasan massa yang menamakan diri Front Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (F-MaKI), menggelar demonstrasi di depan Kantor Komisi Pemberantasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News