FDR Belum Ditemukan, Penelitian Dipastikan Tak Sempurna

FDR Belum Ditemukan, Penelitian Dipastikan Tak Sempurna
FDR Belum Ditemukan, Penelitian Dipastikan Tak Sempurna
JAKARTA – Belum semua bagian dari kotak hitam atau Black Box pesawat Sukhoi Super Jet (SSJ) 100 yang kecelakaan di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, berhasil ditemukan. Anggota Komisi I DPR, Roy Suryo, mengatakan,  yang sudah ditemukan ada bagian  Cockpit Voice Recorder (CVR), sedangkan Flight Data Recorder (FDR) belum ditemukan.

“Ya, Alhamdulillah Black Box Sukhoi SJ-100 sudah ditemukan meski baru bagian CVR-Cockpit Voice Recoder, sementara bagian FDR-Flight Data Recoder-nya belum. Tadi pagi selaku Anggota Komisi I DPR saya menjadi saksi penyerahan dari Kopassus ke Danrem, seterusnya ke Kepala Basarnas dan KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi),” kata Roy Suryo, menjawab JPNN, Rabu (16/5).

“Bahkan Black Box yang sudah hangus, tapi semoga masih bisa dianalisa KNKT, tersebut kemudian dibawa menggunakan Helicopter khusus ‘Collibri’ yang hanya berisi dua Pilot-CoPilot-Kabasarnas dan saya ke Halim Perdana Kusuma, untuk dianalisa,” kata pengamat telematika itu.

Roy menjelaskan, sesuai namanya, CVR merekam pembicaraan dalam kokpit selama dua jam terakhir. Sedangkan FDR merekam semua parameter data penerbangan.

JAKARTA – Belum semua bagian dari kotak hitam atau Black Box pesawat Sukhoi Super Jet (SSJ) 100 yang kecelakaan di Gunung Salak, Bogor, Jawa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News