Festival Palang Pintu ke-XVI Dibuka, Cak Imin: Jaya dan Maju Terus Sampai Kiamat

Festival Palang Pintu ke-XVI Dibuka, Cak Imin: Jaya dan Maju Terus Sampai Kiamat
Muhaimin Iskandar (tengah) pada pembukaan Festival Palang Pintu ke-XVI. Foto: source for JPNN

jpnn.com - JAKARTA SELATAN - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Muhaimin Iskandar, bersama istrinya, Rustini Murtadlo, membuka Festival Palang Pintu ke-XVI di Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (5/10).

Cak Imin -sapaan Muhaimin, mengapresiasi festival budaya Betawi yang rutin digelar setiap tahun.

"Ini salah satu momentum yang ditunggu-tunggu, dan menjadi kebanggaan Jakarta Selatan bahkan kebanggaan Jakarta, yaitu Festival Palang Pintu, yang menjadi kekhasan Kemang dan Jakarta Selatan," tutur Cak Imin.

"Semua patut bersyukur ini (dilaksanakan) secara konsisten, secara istikamah dilangsungkan, rintisan yang telah lama diupayakan, hari ini telah memiliki keberhasilan. Ditunggu banyak pihak dan insyaallah menjadi salah satu destinasi harapan bangsa Indonesia," imbuhnya.

Cak Imin menaruh harapan besar Festival Palang Pintu Jakarta menjadi sarana mengukuhkan sekaligus memberdayakan berbagai kebudayaan asli Betawi.

Dia lantas mengurai tiga tujuan festival tersebut digelar.

Pertama, merawat, menjaga, meneruskan dan melaksanakan nilai-nilai, ajaran, norma, seluruh kaidah, keteladanan yang menjadi kekuatan budaya Betawi dan menjadi kekhasan yang memiliki kontribusi buat budaya bangsa sekaligus budaya Islam.

"Palang pintu telah menjadi salah satu kontributor yang penting buat memperkaya, menguatkan, dan menjaga tradisi budaya Indonesia. Insyaallah nilai-nilai keagungan, nilai-nilai keteladanan, akan terpelihara sampai ila yaumil qiyamah," ujarnya.

Cak Imin membuka Festival Palang Pintu ke-XVI di Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu, 5 Oktober

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News