FIA Tegaskan Pergantian Ban Untuk Safety

FIA Tegaskan Pergantian Ban Untuk Safety
FIA Tegaskan Pergantian Ban Untuk Safety
LONDON - FIA selaku penyenggara balapan Formula 1 akhirnya angkat bicara mengenai pergantian ban yang dilakukan Pirelli. Menurut FIA, tidak ada yang perlu diperdebatkan tentang kebijakan tersebut. Mereka menilai pergantian tersebut hanya dimaksudkan sebagai upaya untuk menjaga keselamatan para pembalap.

jpnn.com - “Diskusi antara FIA dan Pirelli terus terjadi setelah buruknya ban. Keduanya akhirnya sepakat untuk melakukan pergantian ban agar tidak terjadi hal buruk kembali,” terang sumber FIA seperti dilansir Autosport.

FIA juga mengharapkan agar semua pihak tak menjatuhkan vonis yang bersifat menuduh. Selama ini, banyak pihak yang menilai kebijakan Pirelli tersebut merupakan buah desakan yang dilakukan kubu Red Bull.

Maklum, selama ini Red Bull memang menjadi pabrikan yang paling bawel. Mereka terus mengeluhkan buruknya performa ban. Salah satunya ialah ketika para pembalap harus empat kali masuk pit stop.

Namun, FIA mematahkan semua alibi tersebut. Mereka berpatokan pada aturan yang sudah diterapkan. Pada artikel 12.6.3 mengenai regulasi teknik disebutkan bahwa spesifikasi ban akan terus diperhatikan oleh FIA tak lebih dari 1 September di musim sebelumnya.

“Selama itu, spesifikasi ban tidak akan bisa diganti selama musim berlangsung tanpa persetujuan semua tim yang berlaga,” demikian tulis FIA.

Kalimat yag disampaikan FIA seolah menjadi penegas bahwa Pirelli tak diintervensi oleh Red Bull dalam mengambil kebijakan tersebut. Jika menilik kalimat itu, seua tim memang sudah sepakat dengan ban baru yang disediakan Pirelli. (jos/jpnn)

 

LONDON - FIA selaku penyenggara balapan Formula 1 akhirnya angkat bicara mengenai pergantian ban yang dilakukan Pirelli. Menurut FIA, tidak ada yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News