Filep Wamafma: Komite III DPD RI Siap Berkolaborasi dengan Pemerintah untuk Entaskan Kemiskinan Ekstrem

Filep Wamafma: Komite III DPD RI Siap Berkolaborasi dengan Pemerintah untuk Entaskan Kemiskinan Ekstrem
Ketua Komite III DPD RI Dr. Filep Wamafma mengapresiasi visi pemerintahan Prabowo - Gibran untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komite III DPD RI Dr. Filep Wamafma mengapresiasi visi pemerintahan Prabowo - Gibran untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

Prabowo menargetkan akan menurunkan angka kemiskinan hingga nol persen dalam dua tahun pertama masa jabatannya.

Diketahui saat ini jumlah penduduk miskin Indonesia pada Maret 2024 adalah 9,79 persen. Di antara angka tersebut, terdapat 0,83 persen penduduk masih dalam keadaan miskin ekstrem.

Kategori miskin ekstrem yang dimaksud adalah jika pengeluarannya di bawah Rp. 10.739/orang/hari atau setara Rp. 322.170/orang/bulan (berdasarkan data BPS,2021).

Misalnya, dalam satu keluarga terdiri dari 4 orang maka pengeluarannya setara atau di bawah Rp 1.288.680 per keluarga per bulan.

“Saya selaku ketua komite III DPD RI tentu sangat mendukung rencana Presiden dalam pengentasan kemiskinan. Apalagi 3 wilayah yang masuk miskin ekstrem tersebut ada di Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua. IPM di wilayah Timur dan Barat masih tidak merata.

Akibatnya ketimpangan melebar, kata dia, kemiskinan ekstrem masih terjadi. Saya berharap keadilan sosial benar-benar dapat dirasakan oleh semua terutama di wilayah Timur Indonesia,” tegas Filep.

Lebih lanjut, Senator dan juga akademisi hukum ini menyoroti strategi pengentasan kemiskinan.

Ketua Komite III DPD RI mengapresiasi visi pemerintahan Prabowo - Gibran untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News