Film PKI Ampuh Cegah Makar

Film PKI Ampuh Cegah Makar
Alfian Tanjung, dalam Seminar Cegah Makar. Foto : Agus Srimudin/JPNN
JAKARTA - Film-film dokumenter yang dibuat zaman kebangkitan PKI (Partai Komunis Indonesia) terbukti ampuh. Indikasi dan sistematika itu tampak pula pada Gerakan '30 September 1965' yang mengejutkan banyak pihak. Tak lama berselang pada 1 Oktober 1965 juga dibentuk Dewan Revolusi atau Dewan Jenderal. Untuk mencegah terualangnya perbuatan makar dalam segala bentuknya serta mengawal Pancasila dan UUD 1945, seperti yang terjadi 43 tahun silam, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar seminar cegah makar, di Auditorium Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Senin (10/11).

Diharapan ratusan peserta seminar dari berbagai instansi, dua narasumber mengulas tentang cara mencegah makar. Alfian Tanjung, Dosen IKIP UHAMKA dan ketua umum PP Gerakan Patriot menyuguhkan materi bertema Indikasi dan Sistematika Kebangkitan PKI di Indonesia. Sedangkan, Dr Saafroedin Bahar, Dosen Program Studi Ketahanan Nasional, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta hadirkan tema Pancasila, Marxisme-Leninisme, dan G30S/PKI.

”Pada waktu kejayaannya, PKI menggencarkan publikasi melalui selebaran-selebaran yang bersifat afitatif, pencetakan buku-buku yang dikarang oleh tokoh-tokoh yang berhaluan sosialis dan komunis, mensosialisasikan sajak-sajak atau puisi serta lagu-lagu yang disebar di kendaraan umum.

”Tapi yang paling terbukti ampuh ialah film-film dokumenter yang memuat perjuangan PKI,” papar Alfian.

JAKARTA - Film-film dokumenter yang dibuat zaman kebangkitan PKI (Partai Komunis Indonesia) terbukti ampuh. Indikasi dan sistematika itu tampak pula

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News