Flu Burung pada Itik Dicurigai Bioterorisme

BIN Turun Tangan Lakukan Penyelidikan

Flu Burung pada Itik Dicurigai Bioterorisme
Flu Burung pada Itik Dicurigai Bioterorisme
JAKARTA--Penyebaran virus flu burung itik semakin meluas di Indonesia. Bahkan dicurigai penyebaran virus H5N1 clade 2.3.2 ini sebagai salah satu bagian bioterorisme. Guna memastikan hal tersebut, Badan Intelijen Negara (BIN) memastikan telah ikut turun tangan melakukan penyelidikan.

 

Meski baru berbentuk dugaan, Menkopolhukam Djoko Suyanto mengatakan, isu bioterorisme flu burung itik perlu untuk diselidiki. Saat ini telah dibentuk tim khusus yang berasal dari BIN dan Kementrian Kesehatan.

"Sejak dugaan itu merebak, mereka mulai bekerja. Kita kan belum tahu itu bener apa gaknya, itu bioterorisme atau apa. Indikasinya belum sampe ke situ, tapi bahwa ada wacana seperti itu kan perlu diwaspadai juga," kata Djoko pada wartawan di kantor Presiden, Kamis (10/1).

Sebelumnya, sekretaris Komisi Nasional Pengendalian Zoonosis, Emil Agustiono, mencurigai penyebaran virus flu burung jenis baru, H5N1 clade 2.3.2, sengaja disebarkan ke Indonesia sebagai bentuk bioterorisme. Tujuannya untuk menggoyang ketahanan pangan dan ekonomi nasional.

JAKARTA--Penyebaran virus flu burung itik semakin meluas di Indonesia. Bahkan dicurigai penyebaran virus H5N1 clade 2.3.2 ini sebagai salah satu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News