Foke Bisa Rugi Akibat Spanduk Sendiri

Foke Bisa Rugi Akibat Spanduk Sendiri
Salah satu poster untuk mendukung Fauzi Bowo yang banyak dipasang di berbagai penjuru Jakarta. Foto : Arundono W/JPNN
JAKARTA - Pada kampanye putaran kedua Pilkada DKI 2012, tim sukses calon gubernur incumbent Fauzi Bowo memasang berbagai spanduk dukungan yang berisi ucapan terima kasih pada sang gubernur. Salah satunya spanduk berisi ucapan terima kasih dari warga atas bebasnya biaya sekolah dan kesehatan gratis yang diberlakukan Gubernur Fauzi Bowo.

 

Selain itu ada juga spanduk berisi ucapan terima kasih atas pembangunan banjir kanal timur (BKT) dan penanganan banjir. Bahkan ada pula ucapan terima kasih atas rencana pembangunan Mass Rapid Transit/MRT, yang sebenarnya baru akan rampung 5 tahun lagi.

 

Namun, spanduk-spanduk ini tidak menjamin Foke menjadi lebih baik di mata pemilih. Alat peraga visual ini justru dinilai dapat menjadi bumerang bagi Fauzi Bowo.

 

"Jika isi pesan di sebuah spanduk bertentangan dengan kenyataan di lapangan, justru akan konyol dan dinilai sinis oleh calon pemilih. Lagipula secara logika, mana ada masyarakat yang perlu berpayah-payah diri memasang spanduk dan mengeluarkan biaya untuk kemenangan calon yang dianggap masyarakat sudah kaya karena telah berkuasa?" kata pengajar komunikasi politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Ari Junaedi kepada JPNN, Minggu (16/9).

 

JAKARTA - Pada kampanye putaran kedua Pilkada DKI 2012, tim sukses calon gubernur incumbent Fauzi Bowo memasang berbagai spanduk dukungan yang berisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News